Cara Meningkatkan Kecepatan Upload & Download Pada Windows 10/11

Ketika bekerja dengan internet, koneksi yang baik & lancar menjadi hal yg menyenangkan. Namun ketika semuanya melambat, itu akan sangat mengganggu. Hal pertama yang kemudian anda pikirkan dengan kondisi tadi adalah koneksi jaringan yang buruk. Dan jika itu terjadi dalam anda, anda kemudian bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet pada personal komputerWindows anda. Tapi bagaimana jika koneksi jaringan anda baik-baik saja dan hanya bermasalah waktu anda mengupload atau mendownload?

Tahukah anda, bahwa menggunakan sedikit pengaturan tweak, anda dapat meningkatkan kecepatan internet anda di Windows 10 atau Windows 11? Pada artikel kali ini, aku akan menyajikan pada anda beberapa tips sederhana buat mempercepat upload dan download di Windows 10 atau Windows 11.

Meningkatkan Kecepatan Upload dan Download di Windows 10/11

Ini merupakan hal-hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan upload & download pada Windows 10 atau Windows 11. Mari kita bahas beberapa metode secara mendetail.

1. Tutup Aplikasi & Tab yg Tidak Perlu

Jika anda menghadapi kecepatan download yg lambat, coba tutup seluruh pelaksanaan yang dapat memakai internet anda. Jika anda tidak tahu aplikasi mana yang memakai internet anda, coba periksa penggunaan data anda.

Di Windows 10:Untuk melakukan itu, luncurkan pelaksanaan Settings berdasarkan Start Menu atau dengan menekan tombol Win + I.Kemudian di jendela Settings, pilih Network & Internet.Selanjutnya klik Data Usage dibawah Network status pada panel kanan.

Sekarang, pilih jaringan yg anda pakai saat ini menurut bagian Choose a network.Kemudian periksa pelaksanaan mana saja yg tidak perlu menggunakan internet dan tutup pelaksanaan tadi.

Di Windows 11:Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.Kemudian di ventilasi Settings, klik Network & Internet di panel kiri dan klik Data Usage pada panel kanan.Sekarang, pilih jaringan yg anda pakai waktu ini menurut bagian Enter data limit.Kemudian periksa pelaksanaan mana saja yg nir perlu memakai internet dan tutup pelaksanaan tersebut.

BACA JUGA  Tips & Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Android

Anda juga wajibmenutup tab browser yg tidak perlu apabila anda mengupload atau mendownload sesuatu dari browser anda.

Lakukan ke 2 hal diatas dan periksa apakah itu meningkatkan kecepatan upload & download anda.

2. Nonaktifkan Metered Connection

Jika anda sudah mengaktifkan Metered Connection, coba nonaktifkan lantaran dapat membatasi kemampuan mendownload dan mengupload anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Di Windows 10:Luncurkan aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.Kemudian pilih Network & Internet.Selanjutnya klik Properties (menurut jaringan yg anda pakai saat ini).Di laman selanjutnya, gunakan tombol Set as metered connection untuk menonaktifkan Metered Connection.

Sekarang, restart komputer anda dan periksa apakah itu meningkatkan kecepatan upload & download anda.

Di Windows 11:Buka Settings Windows menggunakan menekan tombol Win + I.Kemudian di ventilasi Settings, klik Network & Internet pada panel kiri dan klik Properties di panel kanan.Di laman selanjutnya, nonaktifkan opsi Metered Connection.Kemudian restart personal komputeranda.

3. Nonaktifkan Aplikasi Background

Ada banyak sekali aplikasi yg berjalan pada background & memakai internet tanpa anda sadari. Namun, anda bisa menonaktifkan pelaksanaan-pelaksanaan tersebut di Windows 10 atau Windows 11 buat menerima kecepatan upload & download.

Untuk melakukannya, anda dapat membaca artikel saya laiinya mengenai cara menghentikan pelaksanaan yang berjalan di background di Windows 10/11.

4. Gunakan Koneksi Kabel

Jika anda menggunakan Wi-Fi, anda bisa mencoba beralih ke koneksi kabel buat mempercepat upload dan download di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Koneksi Wireless tidak bisa selalu diandalkan seperti memakai koneksi kabel. Oleh karena itu, jika anda berada dalam duduk perkara buat memilih antara Ethernet & Wi-Fi, cobalah memakai Ethernet jika anda ingin mendapatkan kecepatan upload & download yg sangat bebas kendala. Anda pula dapat mengatur buat menonaktifkan WiFi secara otomatis waktu terhubung ke koneksi kabel.

BACA JUGA  10 Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet Indihome Pada Ponseli.com

5. Beralih ke Google atau Open DNS

Salah satu hal yg dapat anda lakukan buat mempercepat upload dan download adalah menggunakan beralih ke Google atau Open DNS.Untuk melakukan itu, luncurkan Control Panel berdasarkan Start Menu atau dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control & tekan Enter.Di jendela Control Panel, pilih Network and Internet – Network and Sharing Center dan klik Wi-Fi/Ethernet pada bagian Connections di panel kanan.Selanjutnya klik Properties di jendela Wi-Fi/Ethernet Status, lalu klik dobel dalam Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) pada jendela Wi-Fi/Ethernet Properties.Di jendela baru, pilih Use the following DNS server addresses & tambahkan DNS address dibawah ini tergantung pilihan anda.

Preferred DNS server: 8.8.8.8 and Alternate DNS server: 8.8.4.4

Preferred DNS server: 208.67.222.222 and Alternate DNS server: 208.67.220.220

Setelah mengubahnya, coba upload atau download pulang, semoga kecepatan internet anda semakin tinggi.

Jika DNS pada atas nir meningkatkan kecepatan upload atau download anda, maka anda pula dapat membaca artikel saya tentang cara membarui server DNS anda untuk menemukan DNS terbaik untuk meningkatkan kecepatan internet anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga salahsatu metode diatas membantu anda dalam meningkatkan kecepatan upload dan download di PC Windows 10 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini buat berbagi pemikiran serat pengalaman anda pada mengikuti tutorial ini. Terimakasih & GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!