11 Cara Digdaya Buat Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet Android

Cara mempercepat koneksi internet di smartphone Android merupakan sesuatu yang poly dicari, khususnya kamu yg ingin mencapai kecepatan internet terbaik di setiap ketika. Tentunya koneksi internet yg lambat mampu jadi menyebalkan apabila terjadi terus menerus.

Meski jenis operator seluler yang engkaugunakan relatif berpengaruh, ada beberapa cara tangguh buat mengklaim kecepatan berinternet yg stabil pada smartphone Android engkau . Beberapa cara meningkatkan kecepatan internet ini terdapat yang mampu engkaulakukan eksklusif berdasarkan Settings atau pengaturan bawaan di smartphone Android, ada jua yang memakai pelaksanaan tambahan buat membantu mendorong kecepatan internet lebih optimal.

apabila kamu ingin mengetahui cara digdaya menaikkan kecepatan internet di smartphone Android, berikut kami rangkum beberapa metodenya di bawah ini.Berikut cara-cara meningkatkan kecepatan koneksi internet di Android:1. Gunakan layanan operator yg jaringannya bertenaga pada wilayah engkau Ilustrasi kartu SIM (foto: metelevan/123rf.com)

Ini adalah syarat pertama yang wajibkamu penuhi, apabila ingin punya koneksi internet yg cepat di Android.

Saat ini, terdapat 5 operator seluler di Indonesia, yakni Telkomsel, XL Axiata, Axis, Indosat Ooredoo, dan Tri. Sebelum menentukan keliru satu layanan operator, coba tanyakan dulu pada tetangga, sinyal mana yg paling kuat.

Pasalnya, layanan internet sangat tergantung dengan kekuatan sinyal yg ada. Tidak terdapat frekuwensi, ya tidak terdapat internet. Kadang-kadang, kamu jua harus mencoba beberapa operator sekaligus buat mengetahui mana yg terbaik di tempat tinggal.2. Gunakan jaringan 4G LTECara mengaktifkan jaringan 4G LTE pada Android. (BukaReview/Tidar Sentausa)

Untuk mengatur koneksi dalam 4G LTE, engkausanggup eksklusif berkunjung ke Settings > Network & internet > Mobile network > Advanced > Preferred network type, kemudian pilih GSM/WCDMA preferred atau LTE/WCDMA. Kamu perlu mengetes mana opsi yg terbaik berdasarkan 2 pengaturan konektivitas tadi dengan memakainya berinternet buat beberapa saat.

Semua operator seluler Indonesia sudah mendukung jaringan 4G LTE. 4G LTE merupakan teknologi konektivitas yg memungkinkan smartphone Android kamu buat bisa mencapai kecepatan berinternet sampai 100 Mbps.

BACA JUGA  Cara Setting Apn By U 4g Tercepat & Paling Stabil

Telkomsel dan Indosat Ooredoo bahkan telah mendukung 5G. Akan tetapi, dukungan koneksi tersebut masih terbatas pada daerah tertentu. Jika sudah komersil di seluruh daerah Indonesia, engkaubisa beralih ke koneksi tersebut buat mempercepat koneksi internet Android.

Baca juga: 11 Cara Mempercepat Koneksi WiFi buat Kelancaran Berinternet3. Cek kualitas frekuwensi WiFiCloudCheck buat mengecek kekuatan sinyal WiFi di rumah. Foto: play.google.com

apabila tidak menerima sinyal 4G yg oke di daerah kamu tinggal, bisa mencoba memanfaatkan fixed internet lewat jaringan Wi-Fi. Kamu bisa mencari penyedia layanan internet buat kebutuhan internet tersebut. 

Bagi engkauyg mengandalkan koneksi WiFi & mendapati smartphone Android-mu lambat waktu berselancar internet, ada baiknya jika kamu melakukan pengecekan kualitas frekuwensi Wi-Fi. Cara mengecek kualitas sinyal Wi-Fi di Android ini memerlukan pelaksanaan tambahan yang bernama CloudCheck.

Dengan menggunakan aplikasi CloudCheck, engkaumampu mengecek kualitas frekuwensi WiFi melalui keliru satu fiturnya yg bernama WiFi SweetSpots yang akan menganalisis bertenaga atau tidaknya frekuwensi WiFi pada posisi kamu berada.

apabila terdapat sinyal yang tidak baik, kamu sanggup memindahkan router Wi-Fi ke loka yang bakal memberikan sinyal yg bertenaga.4. Gunakan Chrome Data SaverFitur data saver di browser Google Chrome. (bukaReview/Tidar Sentausa)

Buat engkauyang menggunakan pelaksanaan browser Google Chrome, terdapat fitur bernama Data Saver yg dalam esensinya mempunyai fungsi buat menghemat kuota internet, tetapi fitur ini pula berdampak eksklusif pada kecepatan internet engkauketika mengakses suatu situs web. Untuk mengaktifkannya, buka Google Chrome > Settings > Advanced > Data Saver.

Fitur Google Chrome Data Saver akan memprioritaskan kompresi data kapanpun kamu mengunjungi sebuah situs, yg berarti semua gambar yg akan dimuat akan tampil dalam versi yg lebih ringan (ukuran yg lebih mini), atau apabila memungkinkan kamu akan diarahkan ke versi situs AMP (Accelerated Mobile Pages) dengan tampilan yang jauh lebih ringkas dan sangat cepat dimuat pada browser.lima. Uninstall atau disable pelaksanaan yang tidak diharapkanCara uninstall atau disable aplikasi bawaan Android. (BukaReview/Tidar Sentausa)

BACA JUGA  13 Cara Jitu Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet Hp Dan Laptop, Antilemot

apabila smartphone Android yg engkaugunakan bukan keluaran Google atau varian Android One, maka akbar kemungkinan bila smartphone Android-mu memiliki banyak pelaksanaan yg tidak krusial atau bloatware. Aplikasi-pelaksanaan bloatware ini selain bisa membuat sistem semakin lambat berdasarkan saat ke saat pula bisa menurunkan kecepatan internet sebab aplikasi ini selalu terhubung ke internet dan berjalan di “latar belakang” meski tidak dibuka.

Untuk menyingkirkan pelaksanaan bloatware ini, menonaktifkan menggunakan cara disable merupakan satu cara yg mampu kamu lakukan apabila smartphone engkaubelum berstatus root. Caranya, kunjungi Settings > Apps & notifications > All apps > Pilih aplikasi yang ingin kamu disable > Disable. apabila smartphone kamu sudah pada-root, engkaudapat menggunakan pelaksanaan misalnya TitaniumBackup buat meng-uninstall-nya secara total.6. Bersihkan junk dan cache secara rutinBersihkan junk dan cache di Android buat mendapat tambahan responsivitas aplikasi dan internet. (BukaReview/Tidar Sentausa)

Junk & cache adalah “berkas sampah” yg perlu dibersihkan secara berkala pada smartphone Android engkau . Seiring waktu, berkas junk & cache ini akan menumpuk & menurunkan responsivitas pelaksanaan yg engkaupakai, pula bisa menurunkan kecepatan berinternet kamu.

Untuk membersihkan junk dan cache ini, caranya kunjungi Settings > Apps & notification > All apps > Pilih pelaksanaan yg ingin engkaubersihkan berdasarkan junk dan cache > Storage > Clear cache. Pastikan kamu membersihkan cache secara rutin untuk permanen mampu menikmati kecepatan pelaksanaan & internet yang optimum.

Baca jua: tiga Tips buat Bikin Memori Internal Android Lebih Lega7. Gunakan aplikasi pemblokir iklanAplikasi AdGuard buat mempercepat ketika memuat situs web. Foto: play.google.com

Salah satu hal yang relatif mengganggu pengguna internet pada platform mobile adalah adanya banner iklan yg kadangkala timbul dalam ukuran full screen & menutupi seluruh ventilasi browser. Banner iklan semacam ini dan gambar iklan lain yg bertebaran pada antarmuka sebuah situs web bisa mengonsumsi kuota internet kamu, juga memperlambat koneksi internet secara menyeluruh.

BACA JUGA  10 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Yang Lambat

Dengan memblokir iklan pada Android, selain mampu menghemat kuota data internet engkaupula bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet. Caranya, instal pelaksanaan AdGuard Content Blocker menurut Google Play Store, lalu aktifkan AdGuard. Sejauh ini AdGuard baru mendukung 2 browser buat pemblokiran iklan, antara lain Yandex Browser dan Samsung Internet Browser.8. Jangan gunakan widgetHindari penggunaan widget yang hiperbola pada homescreen. Foto: letasobierajski.com

Widget merupakan semacam ekstensi sebuah pelaksanaan pada platform Android yg umumnya diletakkan di homescreen. Widget bisa memberi liputan instan seperti cuaca, jam, lepas, dan fungsi lain sesuai dengan widget aplikasi yg tersedia.

Meski bermanfaat, widget bisa menguras baterai & memperlambat koneksi internet engkausebab selalu terhubung ke server penyedia data meski saat smartphone dalam keadaan standby. Cara berikutnya untuk meningkatkan kecepatan internet merupakan dengan menghapus widget berdasarkan homescreen engkau . Memang mampu menurunkan estetika homescreen, tetapi setidaknya kamu mampu mencapai kecepatan internet dan usia baterai yang lebih optimum.

Baca juga: 5 Aplikasi Launcher Android Terbaik di 20189. Tutup pelaksanaan bila tidak digunakanTutup seluruh pelaksanaan yang sudah tidak digunakan. (BukaReview/Tidar Sentausa)

Seringkali, pengguna Android hanya menekan tombol back atau home selesainya memakai pelaksanaan. Hal ini akan menambah beban ke muatan RAM & memperlambat koneksi internet sebab pelaksanaan tersebut tidak sepenuhnya ditutup dan masih berjalan di latar belakang. Untuk menutup aplikasi secara menyeluruh, caranya klik tombol recent apps & swipe aplikasi yg tidak engkaubutuhkan buat menciptakan RAM lebih lega dan koneksi internet yg lebih lancar.10. Lakukan reboot atau restart secara berkalaLakukan reboot atau restart secara terencana. (BukaReview/Tidar Sentausa)

Melakukan reboot atau restart adalah galat satu cara digdaya yang berlaku buat seluruh sistem operasi saat terjadi hambatan. Bisa jadi smartphone Android engkaudi satu kesempatan mengalami hambatan sambungan internet, atau mengalami lambatnya koneksi internet yg disebabkan oleh hal yg nir kamu ketahui.